Kelelahan selama kehamilaninformasitips.com – Masalah yang sering muncul pada wanita hamil salah satunya adalah kelelahan. Kelelahan tersebut meliputi kelelahan fisik dan psikologis. Kelelahan fisik terutama disebabkan oleh pekerjaan rutin sehari-hari, seperti pekerjaan Anda di kantor atau di rumah, dan aktivitas-aktivitas lainnya. Sementara kelelahan psikologis sering disebabkan oleh konflik akibat adanya masalah, stress, dan juga kecemasan akan kehamilannya.

Kelelahan juga dapat timbul akibat pengaruh hormone progesterone, hormone kehamilan yang meningkat sangat cepat terutama pada masa trimester pertama kehamilan. Selama masa ini tubuh Anda masih dalam tahapan/masa membentuk plasenta yang sangat berguna untuk menyalurkan makanan dari Anda ke bayi Anda.
Di sisi lain, kelelahan juga dapat terjadi pada masa trimester akhir kehamilan. Pada periode akhir kehamilan ini kondisi kehamilan Anda sudah semakin membesar, janin yang dikandung pun sudah semakin berat. Keluhan ini akan membuat Anda sering tiak bisa tidur nyenyak di malam hari. Hal ini tentu akan menimbulkan kelelahan bagi Anda.
Efek kelelahan yang berlebihan tentu akan sangat berbahaya bagi wanita hamil. Terlebih, kelelahan yang timbul akibat kegiatan yang terlalu padat. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak aktivitas khususnya aktivitas yang cukup menyita energy dan konsentrasi dapat menyebabkan kontraksi pada rahim. Jika kondisi ini terus terjadi, dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran premature.
Salah satu alasan lainnya bagi ibu hamil untuk membatasi kegiatan dan aktivitas yang dapat menimbulkan kelelahan berlebih adalah kelelahan dapat menurunkan nafsu makan. Jika nafsu makan menurun, maka pasokan nutrisi bagi janin dapat terganggu. Ini akan sangat berbahaya dan bisa membawa dampak yang cukup fatal bagi bayi Anda. Perkembangan dan pertumbuhan bayi yang ada dalam kandugan bisa terganggu dan tidak bisa berkembang sempurna. Saya yakin Anda tidak ingin hal ini sampai terjadi pada bayi Anda. Jadi, jangan biarkan ini terjadi. Lindungi bayi Anda sejak masa dalam kandungann, karena cikal bakal seorang manusia dimulai dari masa-masa kritis selama dalam kandungan.
Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kelelahan selama kehamilan?
  • Upayakan untuk membatasi atau mengurangi aktivitas Anda, terutama aktivitas yang dikhawatirkan akan beresiko bagi kesehatan Anda dan bayi Anda.
  • Bila Anda bekerja, beristirahatlah sebentar sekitar 15-30 menit di sela-sela waktu kerja Anda.
  • Beristirahatlah dengan cukup dan tidurlah lebih awal. Kualitas tidur Anda akan sangat berpengaruh pada kondisi fisik Anda.
  • Jangan paksakan diri Anda untuk melakukan aktivitas yang berat, dan berisitirahatlah bila tubuh Anda memerlukannya.
  • Perhatikan pula pola makan Anda. Selama hamil Anda memerlukan tambahan kalori sekitar 300 kalori ekstra per hari. Terapkan pola makan yang bergizi baik dan seimbang. Pilihlah makanan yang sehat seperti sayuran, buah-buahan, daging, dan susu. Hindari makanan junk food karena hanya akan membuat Anda menjadi semakin lelah, bukan menambah energi.
  • Perbanyak minum air putih (sekitar 8 gelas per hari), dan kurangi minuman berkafein.
  • Perlu juga bagi Anda untuk melakukan olahraga ringan yang memang aman untuk wanita hamil, seperti jalan pagi, berenang, senam hamil, agar stamina fisik Anda lebih terjaga dan tubuh Anda menjadi lebih segar dan bugar.
Anda harus ingat bahwa semua yang Anda lakukan akan berdampak pada bayi Anda. Oleh karenanya, perbanyaklah melakukan hal yang menyenangkan bagi Anda dan bisa membuat Anda lebih enjoy lagi dalam menjalani kehamilan Anda.